Berita > Budaya

BPIP Gandeng Musisi Jalanan Bumikan Pancasila

Jakarta;- Deputi Bidang Pengkajian dan Materi Prof Dr FX Adji Samekto M.Hum Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyatakan, dalam waktu dekat akan mengajak musisi jalanan untuk membumikan Pancasila kepada anak-anak milenial sesuai dengan perintah Presiden.

Prof Adji Samekto menjelaskan, mengajak musisi jalanan merupakan langkah baik yang akan dilakukan BPIP dalam waktu dekat ini.
Pasalnya, pemikiran anak milenial sekarang jauh berbeda dengannya.  Maka dari itu Prof Adji mengaku akan melakukan pendekatan dengan pemahaman konstruksi pemikirian milenial.

“Milenial merupakan generasi yang kongkrit dan imjinatif serta lebih suka yang cepat. Kita harus menyesuaikan hal yang kongkrit. Bagaimana membumikan Pancasila” Ucap Prof Adji Samekto saat menghadiri diskusi kelompok terpumpun penyusunan standarisasi materi BPIP di Hotel Santika, Jakarta 11/8.

Selain itu, Prof Adji juga mengatakan sudah melakukan pemilihan ikon untuk duta Pancasila yang merupakan contoh awal untuk anak-anak muda. “Misalnya kemaren itu kita sudah mendapat ikon dari musisi Adi MS, kehadiran Adi MS setidaknya bisa dijadikan motivasi meraih prestasi melalui musik dan juga sport” tegas Prof Adji.

Selain Ikon dari yang sudah terkenal seperti kalangan artis, Prof Adji mengaku dalam waktu dekat ini akan mengajak musisi jalanan dalam mengembangkan serta membumikan Pancasila. Menurutnya, musisi jalanan sudah banyak memberikan karya karya yang menarik untuk dinikmati oleh banyak orang termasuk kaum milenial.

“Musisi-musisi jalanan itu sangat berpengaruh dan sudah banyak yang terkenal. Misal almarhum Didi Kempot itukan banyak memberikan karya karya yang menarik disukai anak muda. Contohnya seperti itu dan memang akan kita lakukan dalam waktu dekat ini. Dan menjadi pekerjaan kami di BPIP” tutup Prof Adji. (BM)